Simak, Ini Daftar 121 Pinjol Legal Yang Dirilis Ojk

Pinjaman online ilegal dilarang melakukan pemasaran produk melalui SMS/WA tanpa persetujuan konsumen. 5.Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman. BantuSaku menyediakan tenor 45 hari dengan sistem pembayaran cicilan yang dapat dicicil selama 2x periode jatuh tempo. Dr. Ooi memperoleh gelar Doktor di bidang Administrasi Bisnis dan manajemen dari University of South Australia.

5) Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman. Selain itu, Pintek juga akan memberikan simulasi pinjaman sesuai dengan besaran dana yang kamu ajukan berikut dengan tenor, bunga, serta besaran cicilannya. Soalnya, perusahaan fintech yang sudah berizin dan diawasi OJK diharuskan untuk mengikuti regulasi dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh OJK untuk melindungi konsumen.

Niat untuk menuntaskan masalah keuangan mendesak malah berbuntut pada masalah lain yang lebih gawat. Bayangkan saja, pinjaman online ilegal membebankan tingkat bunga serta denda keterlambatan yang terlampau tinggi dan malah bisa mengacaukan kondisi keuangan penggunanya seketika. Selain mengandalkan OJK, kesadaran masyarakat untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam mengajukan pinjaman juga dibutuhkan untuk mencegah tumbuhnya pinjaman online ilegal.

Daftar fintech lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan bisa dicek melalui situs /id/berita-dan-kegiatan/publikasi. Pinjol ilegal sering kali menawarkan layanan pinjaman tanpa persyaratan dokumen yang rumit. Cukup memberikan nomor telepon dan data pribadi saja, maka pengajuan pinjaman dapat langsung cair. Kedengarannya memang praktis dan menggiurkan, akan tetapi tidak masuk akal. Sesuai regulasinya, semua dana daftar pinjaman online legal bersifat wajib.

Agar tidak terjebak dengan pinjol ilegal maka masyarakat hendaknya mengenali terlebih dahulu perbedaannya. Pertama, pinjaman online ilegal tidak memiliki surat izin resmi, pemberian pinjaman sangat mudah, bunga/pinjaman tidak terbatas, dan juga tidak mempunyai identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas. Menurut Satgas, setiap penyelenggara fintech lending atau pinjol di Indonesia, wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan . Oleh karena itu, penting memastikan legalitas penyedia pinjaman online legal agar tidak terjebak pinjol ilegal. Perkembangan zaman di era digital memudahkan orang untuk bertransaksi, termasuk aktivitas peminjaman dana tunai.