Jumlah Pinjol Legal Turun Jadi 121 Per Awal Agustus

Ada baiknya kamu meninjau jumlah bunga sebelum mendapatkan pinjaman. Sepanjang tahun 2020 saja, OJK menemukan setidaknya lebih dari 200 perusahaan fintech startup P2P lending ilegal. Kehadiran fintech ilegal tentu meresahkan karena peraturannya tidak normal, tidak transparan, bunga yang mencekik, rentan terjadi kebocoran data, dan yang paling parah dijadikan wadah penipuan. Pinjol apa saja yang datang ke rumah untuk menagih uang secara paksa dan tak manusiawi? Bisa dipastikan itu merupakan fintech ilegal yang tak terdaftar di OJK. Jadi kamu harus mengecek terlebih dulu bila ada pinjaman uang online tanpa jaminan dan tanpa syarat muluk lainnya.

Menurut dia, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 125,6 persen dari total populasi, namun hal tersebut tidak diiringi dengan meningkatnya literasi digital. Padahal, menurut Kuseryansah, hadiah tersebut merupakan dana pinjaman baru yang harus dilunasi dalam jangka waktu tertentu. Pihak penagih wajib memiliki sertifikasi penagihan yang diterbitkan oleh AFPI. OJK Provinsi Sulawesi Tenggara imbau masyarakat cermat menggunakan pinjaman online/daring agar tak terlilit hutang.

Penilaian ini mencakup beberapa hal mulai dari profil peminjam, badan usaha, tujuan peminjaman dana, proyeksi penghasilan kamu, serta kemampuan bayar. Pintek sangat memahami jika para vendor atau pelaku usaha membutuhkan pendanaan besar agar bisnis yang dijalankan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Sesuai dengan misinya yaitu mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia, Pintek berkomitmen untuk membantu satuan pendidikan maupun vendor pendidikan melalui layanan keuangan. Dengan begitu, peminjam akan terlindungi dari tindakan tidak menyenangkan yang kerap dilakukan oleh pinjaman ilegal. Masyarakat Pengguna wajib membaca dan memahami informasi ini sebelum keputusan sebagai Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman.

Mengetahui ciri-ciri pinjaman online yang legal saja sepertinya tidak cukup untuk menghindarkan Anda dari risiko layanan keuangan tersebut. Agar lebih meyakinkan, ketahui pula apa saja ciri dari pinjaman online ilegal yang sebaiknya dihindari. Salah satu yang paling utama adalah tak memiliki izin resmi dari OJK sehingga aktivitas jasa keuangannya tak mendapatkan pengawasan lembaga tersebut dan tak menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku.

Bila dibanding dengan pinjaman ke bank, mengajukan pinjaman ke pinjol bisa langsung cair tanpa ribet dan kamu gak perlu datang ke kantor cabang terdekat. Kamu hanya perlu menggunakan gadget dan jaringan internet, maka pengajuan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat bisa dilakukan. Keuntungannya, kamu menghemat waktu dan tenaga karena prosesnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hanya bermodal KTP, pinjaman online langsung cair dan masuk ke rekening kamu. Kamu harus tahu bahwa fintech yang menyediakan layanan pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit sekalipun harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan .